Thursday, May 23, 2013

KERUCUT

Posted by Putri Dwi Lestari at 9:02 AM
Reactions: 
Salah satu kegunaan internet adalah sebagai penyedia sumber belajar. Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika materi volume dan luas perbukaan kerucut kelas IX sekolah menengah pertama semester 1.
                                     
                                            RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



                                                           Mata Pelajaran      : Matematika
                                                           Satuan Pendidikan : SMP
                                                           Kelas/Semester     : IX/1(Ganjil)
                                                           Materi Pokok        : Bangun Ruang Sisi Lengkung
                                                           Sub Materi Pokok : Kerucut
                                                           Alokasi Waktu       : 2 jam pelajaran ( 2 x 45’ )


A. Standar Kompetensi
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya.

B. Kompetensi Dasar
2.1. Mengidentifikasi unsur unsur tabung kerucut dan bola

C. Indikator
2.1.1. Menyebutkan unsur-unsur jari – jari /diameter, tinggi,sisi,alas dari tabung, kerucut dan bola.
2.1.2. Menghitung keliling alas tabung dan kerucut serta keliling garis pelukis pada bola.
2.1.3.Menggambarkan jaring-jaring dari tabung, kerucut dan bola.

D. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
2. Peserta didik dapat menghitung keliling alas dari tabung, kerucut dan keliling garis pelukis bola
3. Peserta didik dapat menggambarkan bentuk jaring-jaring tabung kerucut dan bola

E. Metode Pembelajaran
Kooperatif menggunakan internet

F. Kegiatan Pembelajaran
1. Guru bertanya tentang pengertian kerucut dan contoh kerucut yang ada disekitar siswa
2. Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan guru 

3. Guru dan siswa bersama - sama menyebutkan unsur - unsur kerucut

4. Lalu guru memperlihatkan video kepada siswa tentang luas permukaan kerucut.



Video ini menginformasikan tentang bagaimana cara menemukan rumus luas permukaan kerucut
5. Semua siswa memperhatikan video lalu menanggapi atau bertanya tentang apa yang ada pada video
6. Setelah guru menjawab dan menjelaskan pertanyaan siswa sehingga semua siswa paham dan mengerti tentang luas permukaan kerucut, guru melanjutkan materi ke volume kerucut dengan menunjukkan video kepada siswa tentang volume kerucut.

 

7. Seluruh siswa memperhatikan video dan menanggapi tentang video tersebut.
Untuk membuat siswa lebih paham lagi, silahkan kunjungi : http://mathsaorus.blogspot.com/search?updated-max=2013-04-05T00:52:00-07:00&max-results=7

Setelah siswa sudah paham dan mengerti materi dari video yang diberikan guru, siswa bisa mengasah kemampuan yang dimiliki dengan bermain games atau kuis yang berkaitan dengan materi kerucut.

http://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=bangun-ruang
http://www.ixl.com/math/geometry/surface-area-of-pyramids-and-cones
http://www.rasmus.is/uk/t/u/ST15P04.HTM
http://www.skwirk.com.au/p-c_s-12_u-54_t-79_c-290/cones/nsw/cones/volume/cones-and-spheres
http://www.studyzone.org/mtestprep/math8/g/volconepyrquiz.cfm


G. Media dan Sumber Belajar
Buka pelajaran matematika untuk IX SMP atau dapat didownload ( http://id.scribd.com/doc/97171578/Makalah-Kerucut-Kel-5-Bu-Widowati-P-Yasin-Bu-Nining-Atni )

0 comments:

Post a Comment

 

MATHGER Copyright © 2011 Design by Ranni Permatasari Blogger Template | Ranni